Selasa, 25 Januari 2011

Pengantar

Tadi siang, Hari Selasa, 25 Januari 2011, kurang lebih 7 orang KS SMP SWASTA di Kab Nganjuk berkumpul terpisah dalam sela-sela pertemuan Sosialissasi BOS Tahun 2011 yaitu P Gathut dari SMP PGRI 2 Tanjunganom, P Sartono dari SMP MUHAMADIYAH 2 Kertosono, P Adang dari SMP BUDI LUHUR, P Gir dari SMP MATTERDEI, P Jarwo dari SMP 17, P Muhadi dari SMP MUHAMMADIYAH 4, dan saya sendiri dari SMP POMOSDA. Kita ngobrol-ngobrol tentang BOS, Anggaran Sekolah dan Prosedur pencairannya; Tentang UNAS yang tahun ini ada 5 paket soal  dan tempat duduk anak-anak peserta UNAS yang diacak untuk setiap mata pelajaran UNAS (POS UNAS 2011 Hal 21, poin 9).


Yang berhuhungan dengan BOS;

    • BOS (Biaya Operasional Sekolah) Tahun 2011 ini, untuk sekolah-sekolah Swasta, sumber anggarannya berbeda dengan tahun-tahun lalu. Yaitu Hibah Daerah APBD Kab Nganjuk besarnya penerimaan per siswa sama yaitu 47.500 rupiah.
    • Dengan demikian prosedur pencairannya juga berbeda. (Kita menunggu bulan ini bisa cair nggak) Menunggu Perbup yang belum jadi sehingga NPHD (Nota Perjanjian Hibah Daerah) juga belum bisa ditandatangi. 
    • Sementara agaknya terjadi salah penafsiran dalam pembuatan RKA (Rencana Kegiatan Anggaran) Sekolah antara yang perlandaskan Perbub (Depdagri - Gubernur) dengan Permendiknas no 37 th 2011 tentang BOS. Sehingga sekolah harus melakukan beberapa kali revisi. Dan kami sebagai pelaksana lapang sendiri tidak memegang baik Perbup maupun Permendiknasnya itu sendiri.
    Yang berhungan dengan UNAS 2011
    • Yang menjadi perhatian utama tadi sangat ditegaskan bahwa sekolah tidak boleh memungut sepeserpun kepada siswa/orangtuanya untuk pembiayaan UNAS. Dan tidak boleh menganggarkannya melalui BOS.
    • Paket Soal UNAS ada 5 (menjadi A-B-C-D-E yang tahun lalu hanya A dan B saja) lalu setiap ruang diacak dalam pembagian naskah soalnya. Saya nyelethuk kenapa tidak 20 paket sekalian sehingga setiap anak dalam satu ruang tidak mungkin sama naskah soalnya?
    • Sementara untuk sistem pengacakannya seperti apa juga belum ada domlak/domnisnya.
    • Dan sebagian dari kita bahkan ada yang belum punya POS UNAS 2011nya.
    Berawal dari ngobrol-ngobrol itulah kemudian saya membuat BLOG ini, untuk bisa saling berkomunikasi, teruma distribusi softfile regulasi terbaru baik langsung download atau mungkin link-link yaang valid untuk memperolehnya. dan softfile-softfile presentasi yang berhubungan dengan penyelenggaraan sekolah dan proses belajar mengajar.

    Semoga bermanfaat.
    @Bambang Wahyu HD.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Check Page Rank of your Web site pages instantly:

    This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service