Minggu, 06 Februari 2011

Sistem Informasi Sekolah

Seperti layaknya sebuah alat transportasi (Mobil, misalnya) adalah sebuah sistem mekanik yang terkontrol dan terkendali. Mereka mempunyai alat kontrol dan alat kendali yang sistemik dan mekanis yang sangat terukur dan terkondisikan sesuai pengendaranya. Panel kontrol dan pengendalinya tepat berada didepan penguasanya (driver/pengemudi). Dengan senantiasa mecermati panel kontrol dan memegang penuh alat kendalinya (setir/kemudi), seorang pengendara dapat dengan leluasa mengarahkan kendaraanya.


Seorang pengemudi mobil membutuhkan data-data realtime tentang kecukupan bahan bakarnya (Fuel - L), Oli (Oil Pressuare), air (Water Temp) dan putaran mesin (Revolution – rpm) untuk menentukan kecepatan dalam satuan waktu (Speed - km/h) sehingga mobil mempunyai jarak tempuh (Distance – km) seperti yang diinginkan. Data realtime ini tersaji dalam suatu panel yang sedemikian rupa sehingga pengemudi sangat mudah membacanya.

Unit terkecil dalam sebuah sistim pendidikan adalah pertemuan antara guru dan muridnya. Bagaimana luas, besar dan rumitnya suatu sistem pendidikan, keberhasilannya sangat ditentukan pendekatan guru dalam proses belajar mengajarnya. Janice Fitzzimmonz mengatakan bahwa inti dari pendidikan adalah guru yang mengajar didalam kelas.

Seorang Guru dalam melakukan proses pembelajarannya membutuhkan:

   1. Kehadiran siswanya (presensi siswa).


   2. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang meliputi :

  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Metode Pembelajaran
  • Langkah-langkah pembelajaran
  • Alat-Bahan-Sumber Belajar
  • Penilaian Hasil Belajar
 3.Acuan Kendali Pembelajaran yang terdiri : ng kegiatan pembelajarannya. 

  • AHEF (Analisa Hari Efektif)
  • RPE (Rencana Pekan Efektif)
  • Prota (Program Tahunan)
  • Promes (Program Semester)
  • Kalender Pendidikan.  
4. Perilaku (Behavior) siswa dan perlakuan kepada siswa, seperti :
  • Ketaqwaan kepada Dzat yang Allah AsmaNya.
  • Akhlaq dan Budi Pekertinya
  • Kedisiplinan
  • Budaya dan kekuatan belajarnya (Learning habits)
  • Personal Communication (Komunikasi Personal)
  • Pengembangan Karir
  • Kepemimpinan (Leadership)
  • Apresiasi terhadap seni budaya.
 5. Data-data administrasi Sivitas Akademika, Managerial, Sarana-prasarana, dan Lingkungan yang menduku
      Apabila data-data yang dibutuhkan oleh seorang guru dalam proses pembelajarannya dapat disajikan secara realtime sudah pasti dia mampu mengarahkan kemudi pembelajarannya secara kontruktif menuju arahan kurikuler yang ingin dicapai oleh sekolah (pendidikan) itu.

      0 komentar:

      Posting Komentar

      Check Page Rank of your Web site pages instantly:

      This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service